Info Sekolah
Rabu, 24 Jul 2024
  • MADRASAH HEBAT BERMARTABAT - LEBIH BAIK MADRASAH LEBIH BAIK

Sopan Santun yang Perlu Dikuasai Anak, Banyak Manfaatnya!

Diterbitkan :

Ketika seorang anak berperilaku buruk, mereka mungkin tidak tahu bagaimana berperilaku dengan benar. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengajari si kecil sopan santun.

Tumbuh kembang anak sangatlah penting. Tidak hanya pada perkembangan motorik, tetapi juga kognitif memainkan peran penting.

1. Mohon bantuannya, mohon maaf dan terima kasih

Mengajarkan sopan santun pada anak bisa dimulai dari yang paling sederhana. Katakanlah anak Anda terbiasa mengatakan “tolong, maaf, dan terima kasih” ketika dia ingin melakukan sesuatu. Ini adalah cara terbaik untuk melatih sopan santun untuk menjadi panutan bagi anak-anak.

2. Ketuk pintu dan katakan “Permisi”

Sopan santun juga dapat diperkenalkan di sepanjang jalan. Juga di rumah, ajari anak Anda untuk mengetuk sebelum memasuki ruangan yang pintunya tertutup. Dengan cara ini, anak-anak belajar untuk tidak memasuki dan meninggalkan ruangan secara tidak sengaja.

3. Jangan menyela pembicaraan orang lain

Anak sering menyela pembicaraan karena tidak sabar atau merasa diabaikan. Namun, dia harus belajar bahwa tidak sopan untuk mengakhiri percakapan. Ajari anak Anda untuk menunggu orang lain selesai berbicara.

4. Menghormati dan menghargai orang lain

Salah satu keterampilan kesopanan yang dipelajari anak-anak adalah memperlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan.

Bantu anak memahami bahwa mengejek, menghina, dan mengomentari orang lain tidak dapat diterima. Jika anak dapat memahami sejak dini, maka akan diwariskan sampai ia kelak menjadi dewasa.

5. Dapatkan izin sebelum meminjam barang atau meminta makanan

Jika anak terbiasa dengan kesewenang-wenangan di rumah, dia juga akan bertindak di luar sesuai keinginannya.
Anak-anak akan terus membawa kebiasaan ini dimanapun mereka berada, seperti di kelas atau di rumah teman.

6. Biasakan pamit sebelum meninggalkan rumah

Tidak hanya orang tua tetapi juga anak-anak harus belajar sopan ketika ingin bepergian. Salah satu etika yang perlu dikuasai anak adalah menyapa saat masuk rumah dan berpamitan sebelum berangkat.

7. Mengingat nama orang lain

Tidak mudah mengingat nama seseorang yang baru saja Anda kenal. Namun, kesopanan ini akan dibutuhkan oleh anak-anak ketika mereka tumbuh dewasa.

8. Mengajarkan kesabaran

Sabar adalah bentuk sopan santun yang sering kita abaikan. Misalnya, ternyata banyak orang tidak bisa melakukannya dengan benar karena tidak sabar. Nah, untuk menghindari hal-hal seperti itu, yuk kenalkan si kecil dengan pentingnya kesabaran. Jelaskan secara singkat bahwa ketika kita bersabar, kita membuat perasaan lebih tenang dan nyaman.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

penulis
MTs Thoriqul Huda

Tulisan Lainnya

Oleh : MTs Thoriqul Huda

Peranan Agama Dalam Kehidupan Manusia