Info Sekolah
Selasa, 28 Mei 2024
  • MADRASAH HEBAT BERMARTABAT - LEBIH BAIK MADRASAH LEBIH BAIK

Alasan Mengapa Hidup Harus Bersikap Realistis

Diterbitkan :

Tidak semua orang mampu bersikap realistis dalam hidup. Karena fitrah setiap manusia menginginkan sesuatu secara berlebihan. Semua orang ingin menjadi yang terbaik di antara orang-orang. Anda pasti merasa seperti itu, kan?

Jangan pernah terlena dengan idealisme seperti ini. Percayalah bahwa terkadang Anda harus realistis untuk mencapai hal-hal yang baik. Kalau menurut Anda nggak perlu banget, coba simak pembahasannya di bawah ini, oke!

1. Ingatlah bahwa apa yang kamu harapkan terkadang tidak sesuai dengan kenyataan

Cobalah untuk bersikap realistis bahwa semua yang Anda harapkan tidak akan menjadi kenyataan. Semua harapan yang ada padamu pasti akan mengecewakanmu nantinya. Jika kamu berharap terlalu jauh, percayalah bahwa itu pasti akan menyakitimu. Jadi cobalah untuk lebih realistis mulai sekarang, oke?

2. Bersikap realistis akan meminimalkan rasa sakit dari kekecewaan

Seperti disebutkan sebelumnya, sikap realistis akan meminimalkan kekecewaan yang mungkin timbul. Jika mimpi itu tidak menjadi kenyataan, Anda tentu akan merasa sangat kecewa karena terlalu berharap banyak. Itu pasti akan berdampak besar pada hidup Anda.

3. Jika Anda berharap terlalu banyak, Anda hanya akan jatuh dengan mudah

Tidak ada yang ingin gagal. Namun pada kenyataannya, Anda tidak bisa menghindari hal buruk seperti itu. Percaya bahwa terlalu tinggi akan membuat Anda mudah jatuh, lho! Mereka mudah dikalahkan oleh kenyataan, sehingga semangat juang kembali hilang. Jadi cobalah untuk mengesampingkan sikap yang terlalu idealis, ya!

4. Anda tidak membuang waktu untuk hal-hal yang tidak penting

Saat Anda terbiasa bersikap realistis, percayalah pada diri sendiri untuk menyadari efisiensi waktu. Anda akan mengerti bahwa setiap detik waktu sangat berharga sehingga tidak boleh disia-siakan. Anda pasti akan berhenti melakukan hal-hal yang tidak penting, apalagi jika Anda berharap terlalu banyak.

5. Anda akan menjadi orang yang lebih pintar dalam mengambil keputusan

Apakah Anda mampu membuat keputusan yang tepat? Jika belum, Anda bisa mempelajarinya dengan membiasakan bersikap realistis. Jika Anda realistis, Anda pasti akan terbiasa melihat seberapa baik atau buruk efeknya, jadi rencanakan dengan matang.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar

penulis
MTs Thoriqul Huda

Tulisan Lainnya

Oleh : MTs Thoriqul Huda

Peranan Agama Dalam Kehidupan Manusia